Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

12 PRINSIP ANIMASI

 Prinsip Animasi

1.    Squash And Stretch (Menekan dan Melentur)
Menekan dan melentur adalah hal dasar yang harus dipahami dalam animasi. Prinsip ini dapat membuat benda mati dibuat seolah-olah hidup, lebih ekspresif dan bernyawa. Seperti halnya memompa bola voli yang kempes, dari awal memompa hingga bola mengeras terisi udara atau botol yang diulang-ualang


2.    Anticipation (Antisipasi)
Anticipation adalah gerak awal (ancang-ancang) untuk melakukan suatu rangkaian gerak. Sebuah karakter akan melakukan gerakan meloncat, terlebih dahulu ada gerakan jongkok untuk mengawalinya. Atau seseorang yang ingin melempar bola tangannya akan mundur dulu sebelum bola itu dilemparkan 

3.    Staging (Penataan Gerak)
Suatu gerakan harus mempunyai rangkaian gerak yang jelas agar penonton dapat menangkap maksud dari seorang animator

4.    Straight Ahead And Pose To Pose
Ini adalah dua cara/teknik untuk menggambar suatu gerakan yang akan dianimasikan.
·         Straight Ahead     
menggambar secara spontan gambar demi gambar secara berurutan  setelah memahami story point.

·         Pose to pose:

Menggambar secara sisipan rancangan mulai dari membuat karakter, perancangan gerak, ukuran dan pengaturan waktu sedini mungkin sebelum mulai kerja animasi.

5.    Follow Through And Over-lapping Action
Follow Through And Overlapping Action adalah gerakan pengikut agar gerakan terlihat lebih nyata. Contohnya, pada saat lari, pakaian atau rambut akan bergerak sedikit sehingga gerakan tidak kaku 

6.    Slow In And Slow Out
Slow in slow out merupakan gerakan melambat saat pertama memulai gerakan dan mengakhiri gerakan 


7.    Secondary Action
Gerakan pendukung suatu gerak utama/ekspresi. Contohnya jika karakter menangis akan diikuti oleh gerakan mengusap air mata.

8.    Timing
Timing merupakan pengaturan waktu agar gerakan tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.

9.    Archs/ Giude Line
Archs adalah konstruksi lengkung untuk mengatur suatu gerakan mempunyai alur arah gerak (tidak melenceng dari garis penuntunnya).
Contohnya, garis lengkung pada wajah menoleh.

10.        Exaggeration
Exaggeration adalah prinsip untuk melebih-lebihkan suatu gerakan agar terlihat nyata. Tetapi gerakan berlebihan itu tidak akan kita temukan pada kenyataan, jadi itu adalah imajinasi animator. Contohnya, ekspresi orang terkejut sehingga matanya hampir copot.

11.        Solid Drawing
Kemampuan untuk menggambar dengan baik dan benar.

12.        Appeal
Appeal adalah daya tarik, animasi yang dibuat harus mempunyai daya tarik agar penonton pertama kali melihat ingin mengetahuinya sampai akhir.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

zaraabdella mengatakan...

The Star Grand at The Star Gold Coast - JTGHub
The Star Grand at The Star 파주 출장안마 Gold 익산 출장마사지 Coast, The Star Gold Coast. Hotel, Casino & Event Centre, 아산 출장안마 Gold 공주 출장마사지 Coast, Queensland 88810, Australia. 나주 출장안마

Posting Komentar