Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

GAME

    Dunia game merupakan dunia maya yang penuh imajinasi dan kreatifitas hal ini diperkuat oleh konsep-konsep penampilan dari sebuah permainan yang dijalankan tentu saja melibatkan banyak orang dalam proses pembu-atanya mulai dari dunia seni, animasi, musik, pemrograman dan lain-lain. Existensi sebuah game harus bisa berinteraksi dengan pemain atau pengguna game itu sendiri karena tujuan utama dari game interaksi per-mainan dengan pemain yang terlibat secara langsung seakan-akan pemain memasuki dunia permainan yang sedang ia mainkan.

Banyak manfaat yang dapat diambil dari sebuah game, misalnya bagai-mana cara mengatur strategi atau mengambil keputusan. Ada juga game yang memprogram bermain sambil belajar, misalmya menghitung, me-ngingat, dan sebagainya. Utama hadirnya game utama adalah untuk mendapatkan kesenangan dan keasyikan yang dihadirkannya. 

    Di Indonesia industri game sudah cukup banyak, hal ini terbukti ba-nyaknya kegiatan dan komunitas online yang memperkenalkan produk gamenya. Beberapa yang eksis da-lam komunitas online. Awalnya berangkat dari hobi menggambar komik, animasi, dan game lalu membuat komunitas tersebut. Sejarahnya panjang, awalnya membuat kartun, membuat karakter ber-gaya kartun yang dikembangkan ke media komik, media animasi, lalu media game. Pembuatan geme diarahkan ke tiga format, yaitu web game, event game, dan education gamesEducation game (pedagogi game) merupakan geme yang menyimpan strategi pembelajaran, yang bearti main game sambil belajar, apakah belajar, matematika, bahasa inggris, kimia, sejarah, dan lain-lain

 Jenis Game
1. Board Game
Board game secara bahasa bisa diartikan permainan papan, permainan ini mempunyai sudut pandang mata satu arah dan frontal. Biasanya yang disuguhkan pada game ini berupa permasalahan yang harus diselesaikan.Contoh dari game ini antara lain; Pipe dream, Hangaroo, Rotation, Catur, permainan kartu, dan sebagainya
2. Action
Tipe game action berbeda dengan game bertipe arcade, game bertipe action menjadikan pemain, mengen-dalikan karakter utama dalam game tersebut untuk melakukan beberapa, kegiatan (action) seperti melompat, menembak dan sebagainya.
Contoh dari game bertipe action antara lain; super mario, mocil, petualangan paddle pop, shone jump, alloy tease, exile dan sebagainya, game “mocil”, salah satu game bertipe action
3. Simulation
Game bertipe simulasi adalah sebuah game yang mensimulasikan suatu kegiatan, bisa dikatakan pada game ini didesain mejalankan sebuah urutan proses yang sudah jadi.
 Skor dan keberhasilan menjalankan game ini tergantung pada ketepatan melakukan simulasi contoh dan waktu yang disediakan. Game bertipe simulasi ini, antara lain: tycoon, simulator pesawat, burger empire, cocking Academy dan sebagainya .
4. RPG (Role Playing Game)
Adalah game memainkan suatu ka-rakter dalam menjalankan misi tertentu atau dengan kata lain, game dimana player dapat memilih satu atau beberapa karakter untuk di-mainkan, dimana masing-masing ka-rakter memiliki keunikan tertentu.
Pemilihan karakter dipengaruhi oleh jalan cerita game yang dimainkan. Biasanya berupa petualangan (quest) yang semakin lama dilalui akan se-makin meningkat skill atau ability dari karakter tersebut.
Pada game bertipe RPG pemain memerankan sebuah karakter dalam game. Berbeda dengan game bertipe action, pada game RPG hal yang diutamakan adalah cerita dalam game.
Selain itu di dalam game bertipe RPG biasanya terdapat sub game dengan tipe lain (seperti bertipe fighting, action atau RTS). Contohnya game bertipe RPG antara lain; BOBO games, Zelda, Megaman, Final Fan-tasy, Diablo, Final Fantasy, Lord of The Ring, Shining Force, Ragnarock dan sebagainya.
RPG sendiri telah berkembang menjadi Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) dimana jumlah pemain yang terlibat pada "dunia maya" (game world) bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Contoh; Ultima Online, Everquest, Ragnarok.
5.    First Person Shooter (FPS)
Game yang dimainkan dengan pers-pektif (sudut pandang) orang per-tama. Game ini secara permainan menggunakan sudut pandang pelaku sehingga karakter tidak tampak ha-nya sudut pandang penglihatan pemain.Pada umumnya permainan ini berbentuk game tembak. Contohnya; Quake, Unreal Tounament, Rainbow Six.

6.    Turn Based Strategy (TBS)
Player dan lawan silih berganti dalam melakukan aksi penyerangan keta-hanan dan kemampuan level karakter merupakan kunci sukses memenang-kan permainan ini.Dalam hal ini lawan bisa CPU (AI based) atau player lainnya (multipla-yer). Contoh; Pokemon, Card games.

7.    Real Time Strategy (RTS)
Pada game ini pemain me-merintahkan beberapa karakter untuk melakukan aksi tertentu sebagian besar game RTS adalah game strategi perang game ini merupakan kembangan dari TBS, dimana player dan lawan bisa melakukan aksi dalam waktu yang sama.Contohnya, Microsoft Age of Empire, Warcraft, Red Alert, Comando.

8.   Story Tell / Adventure
Player memainkan satu karakter (tidak multiplayer), dan dalam menye-lesaikan misi biasanya melibatkan pembicaraan yang intensif ("ngobrol") dengan karakter-karaketer lain. Dalam game untuk memecahkan puzzle yang dijumpai pada setiap petualangan kadangkala informasi dan kunci permainan terdapat pada info benda diseke-lilingnya. Contohnya, The Longest Journey, Syberia I, Syberia II, Safari.

9.   "Classical" Arcade Game
Game dengan aksi cepat yang sangat bergantung pada koordinasi mata dan tangan. Game ini dapat dibagi lagi menjadi;
·         Platform Based
Player mengendalikan karakternya dengan melompat-lompat ke tempat yang lebih tinggi.
·         Side Scroller
Player mengendalikan karakternya (contoh pesawat) yang biasanya di sisi kiri layar, sementara background-nya berjalan (scrolling). Karakternya menembaki musuh yang datang dari sisi kanan layar. Scrolling bisa juga dari atas ke bawah.
10.   Fighting Game
Game bertipe fighting pada dasarnya sama dengan game bertipe action, hanya saja game bertipe fighting pemain mengendalikan sebuah ka-rakter untuk berkelahi dengan karakter lain sampai salah satu karakter kalah. Contoh dari game bertipe fighting antara lain; street fighter, tekken, duel, pencak silat, dan sebagainya.

11.   Racing game
Salah satu jenis game balap dimana posisi terdepan yang mencapai finish adalah pemenangnya.
            



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar